HUBUNGI, KAMI SIAP ANTAR!

Sehat-Sinergis secara herbal, membangun kesehatan dan kesejahteraan bersama secara sehat sinergis. Bekerjasama dengan Synergy WordWide (Independent Distributor from United State of America) untuk selengkapnya untuk pembelian atau pemesanan dengan perjanjian hubungi Ibu Liong di nomor: 021-33431704 Hubungi kami di email: sehat.sinergis@gmail.com. Ada uang baru barang diantar. Carilah lebih dulu kesehatan, baru yang lainnya.

Minggu, 07 Mei 2017

KESEHATAN: Operasi pada Penderita Hipertensi (DR SAMSURIDJAL DJAUZI)

Saya dijadwalkan untuk operasi prostat sebulan lagi. Menurut dokter, prostat saya membengkak, tetapi tak ada kanker. Saya memang sering harus mengejan untuk berkemih. Jika selesai berkemih, saya merasa tidak puas dan sering masih mau berkemih lagi. Dokter telah melakukan pemeriksaan colok dubur serta pemeriksaan ultrasonografi, juga pemeriksaan laboratorium lengkap. Usia saya sekarang 62 tahun dan saya penderita hipertensi sudah sepuluh tahun ini. Saya teratur minum obat penurun darah tinggi. Saya juga mengurangi konsumsi garam serta rutin berolahraga setiap pagi. Namun, berat badan saya masih berlebih, dan berat badan ini sukar diturunkan.

Dokter menjelaskan bahwa keadaan ginjal saya cukup baik meski fungsi ginjal saya sedikit menurun karena usia lanjut. Menurut dokter, jika pembengkakan prostat tak dioperasi, dikhawatirkan sering terjadi infeksi saluran kemih dan keadaan tersebut tidak baik untuk ginjal. Selama penatalaksanaan hipertensi, dokter yang mengobati saya juga menilai fungsi jantung, keadaan mata, serta keadaan lemak pada darah. Jantung kiri saya sedikit membesar karena hipertensi. Mata dan kolesterol saya baik. Saya juga tidak terkena diabetes melitus.

Saya agak khawatir, apakah operasi prostat saya berisiko terjadi komplikasi karena saya sudah berusia lanjut serta saya juga penderita hipertensi? Apa yang harus saya lakukan agar operasi prostat saya dapat berjalan dengan aman? Selama ini tekanan darah saya terkendali sekitar 135/85 dengan minum obat teratur dan mengamalkan gaya hidup sehat. Apakah tekanan darah saya tersebut sudah cukup aman untuk operasi? Terima kasih atas penjelasan dokter.

M di J

Operasi prostat yang Anda akan jalani termasuk operasi terencana. Dokter punya waktu cukup untuk mempersiapkan agar pada waktu operasi nanti keadaan kesehatan Anda dalam keadaan baik sehingga risiko operasi dapat ditekan. Untuk mempersiapkan operasi, dokter perlu melakukan penilaian kelayakan operasi. Biasanya dokter spesialis bedah akan mengirim pasien ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter spesialis penyakit dalam akan melakukan penilaian-penilaian menyeluruh melalui anamnesis (riwayat penyakit), pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang. Fungsi berbagai organ tubuh, seperti jantung, paru, dan ginjal, akan dinilai. Pemeriksaan laboratorium yang diperlukan meliputi pemeriksaan darah lengkap, urinalisis, pemeriksaan natrium, kalium, kreatinin, gula darah, dan kolesterol. Pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan adalah foto rontgen dada serta pemeriksaan elektrokardiografi (EKG).

Begitu juga keadaan pembekuan darah perlu diperiksa secara khusus apakah normal atau tidak. Karena Anda sudah lama menderita hipertensi, sudah tentu dokter yang menilai kelayakan tersebut juga akan memeriksa apakah ada komplikasi akibat hipertensi Anda. Untunglah Anda cukup patuh minum obat penurun darah tinggi dan bersedia menjalani gaya hidup sehat sehingga hipertensi Anda terkendali. Tekanan darah 135/85 sudah dapat dianggap terkendali. Pembengkakan jantung memang mungkin akibat darah tinggi. Namun, pembengkakan tersebut jika disertai fungsi jantung yang baik tidak merupakan kontraindikasi untuk operasi.

Bagaimana jika seseorang harus menjalani operasi emergency? Operasi harus segera dilakukan misalnya pada operasi usus buntu. Jika keadaan tekanan darah terkendali, biasanya tak banyak masalah. Namun, jika tekanan darah terlalu tinggi karena tak minum obat atau belum terkendali, penurunan tekanan darah akan dilakukan dengan cepat, misalnya dengan obat penurun darah yang diberikan secara intravena, bukan tablet.

Pada waktu operasi dapat terjadi peningkatan tekanan darah 20-30 mmHg serta detak jantung juga dapat meningkat 15 sampai 20 detak per menit. Pada pasien hipertensi ringan-sedang (tekanan darah diastolik 90-110 mmHg) yang belum mendapat pengobatan, operasi dapat tetap dilakukan dan biasanya tidak terjadi peningkatan risiko operasi. Obat penurun tekanan darah harus segera diberikan setelah operasi. Sementara pada pasien yang sudah terkendali dengan obat hipertensi, obat dapat diteruskan hingga pagi menjelang operasi. Klasifikasi hipertensi menurut JNC (Joint National Committee) VII dapat dilihat pada tabel.

Pemantauan pascaoperasi

Pemantauan keadaan pasien dilakukan sebelum operasi, selama operasi, serta pascaoperasi. Pada rentang waktu 48 jam pascaoperasi ada kemungkinan tekanan darah meningkat akibat rasa tak nyaman, nyeri luka operasi, pemberian cairan berlebih, dan lainnya. Faktor pencetus ini perlu mendapat perhatian dan pengendalian. Pemantauan pascaoperasi pada pasien berusia lanjut perlu dilakukan lebih saksama. Perlu dilakukan pengamatan terhadap keadaan jantung, seperti iskemia miokard, kelainan irama jantung, dan lainnya. Kadar Hb dapat menurun terutama pada operasi besar. Jika Hb menurun sampai 7 g/dL, perlu dilakukan transfusi darah. Pasien usia lanjut yang menjalani operasi dapat mengalami penurunan fungsi kognitif yang dipengaruhi oleh usia, penggunaan anestesi, serta komplikasi infeksi.

Jika tidak ada kontraindikasi, mobilisasi dilakukan sedini mungkin. Mobilisasi dini pasien pascaoperasi untuk mengurangi komplikasi terutama pada pasien berusia lanjut. Jika dalam proses pemulihan belum boleh melakukan mobilisasi penuh, dapat dilakukan latihan lingkup gerak sendi dan mempertahankan postur tegak. Penggunaan kateter urin dapat menjadi predisposisi infeksi saluran kemih. Karena itu, penggunaan kateter harus dijaga sedapat mungkin jangka pendek.

Komunikasi yang baik antara Anda dan dokter Anda akan meningkatkan keberhasilan operasi. Mudah-mudahan Anda dapat menjalani operasi dengan selamat dan hasilnya baik. Anda dapat berkumpul kembali dengan keluarga dan menjalani hidup yang produktif dan bahagia.

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 6 Mei 2017, di halaman 25 dengan judul "Operasi pada Penderita Hipertensi".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!
Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Skincare: The Revolution in Anti-Aging

Skincare: The Revolution in Anti-Aging
Dokumen Sehat Sinergis

Pilihan Investasi

Pilihan Investasi
Ada dua pilihan: jika Ikut Menjadi Member Bisnis Synergy

Hubungi, kami siap melayani anda:

Untuk info lanjut
hubungi:

Ibu Liong (021-33431704)


Sertifikasi Produk Synergy WorldWide

Produk -produk Synergy / NSP di Indonesia telah terdaftar pada Departemen Kesehatan RI dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), serta memperoleh sertifikat Halal dari IFANCA (The Islamic Food and Nutrition Council of America) yang disahkan oleh LP POM MUI.