HUBUNGI, KAMI SIAP ANTAR!

Sehat-Sinergis secara herbal, membangun kesehatan dan kesejahteraan bersama secara sehat sinergis. Bekerjasama dengan Synergy WordWide (Independent Distributor from United State of America) untuk selengkapnya untuk pembelian atau pemesanan dengan perjanjian hubungi Ibu Liong di nomor: 021-33431704 Hubungi kami di email: sehat.sinergis@gmail.com. Ada uang baru barang diantar. Carilah lebih dulu kesehatan, baru yang lainnya.

Minggu, 07 Mei 2017

INVESTASI: Mengenal BUKU-4 (PRITA HAPSARI GHOZIE)

Proses perencanaan keuangan yang baik terdiri dari tahapan identifikasi kebutuhan, perumusan strategi, implementasi, dan evaluasi. Dalam proses implementasi dari pengelolaan keuangan, seseorang akan membutuhkan bantuan dari sejumlah lembaga keuangan, tak terkecuali bank. Untuk mencapai berbagai tujuan keuangan dalam keluarga, tabungan dibutuhkan untuk menyimpan aset, fasilitas pinjaman dibutuhkan untuk mempercepat pembelian aset, serta beberapa layanan perbankan lain yang dapat membantu transaksi keuangan sehari-hari.

Setiap bank harus memiliki modal yang sering dikenal dengan istilah modal inti. Modal inti adalah modal yang terdiri dari modal yang disetor dan cadangan-cadangan yang dibentuk dari laba atau keuntungan usaha setelah pajak. Selain itu, modal inti juga terbentuk dari laba atau keuntungan usaha yang diperoleh oleh bank dari hasil usahanya setelah diperhitungkan pajak. Setiap bank wajib memiliki modal inti sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan.

Sejak tahun 2012, Bank Indonesia yang kemudian diteruskan oleh Otoritas Jasa Keuangan telah mengeluarkan aturan yang mengelompokkan bank dalam empat kategori khusus. Secara garis besar, aturan dimaksud untuk mengatur mengenai pengelompokan bank berdasarkan kegiatan usaha sesuai dengan besarnya modal inti. Pengelompokan ini dikenal dengan istilah bank umum berdasarkan kegiatan usaha (BUKU). Aturan ini berlaku untuk bank umum dan bank umum syariah.

Saat ini, bank yang menyediakan jasa keuangan di Indonesia terbagi dalam empat kategori BUKU, yaitu BUKU-1 adalah bank dengan modal inti sampai dengan kurang dari Rp 1 triliun, BUKU-2 adalah bank dengan modal inti antara Rp 1 triliun dan kurang dari Rp 5 triliun, BUKU-3 adalah bank dengan modal inti antara Rp 5 triliun dan kurang dari Rp 30 triliun, serta BUKU-4 adalah bank dengan modal inti paling sedikit Rp 30 triliun. Perbedaan yang dimiliki dari setiap BUKU akan menentukan perbedaan layanan jasa perbankan yang dapat diberikan dan juga keharusan untuk memenuhi beberapa ketentuan lain. BUKU-4 adalah kategori tertinggi yang artinya bank memiliki keunggulan unik yang bermanfaat bagi nasabahnya. Dengan demikian, apa saja faktor yang sebaiknya dipertimbangkan dalam memilih layanan perbankan?

Pertama, keamanan dari aset yang ditempatkan. Sebagai pengguna jasa perbankan, setiap orang pasti ingin memiliki mitra perbankan yang dapat diandalkan dari sisi keamanan bertransaksi ataupun menyimpan dana.

Kedua, ragam fasilitas layanan perbankan. Selain produk dan jasa perbankan tradisional, seperti produk simpanan dan produk pinjaman, saat ini masyarakat juga sangat membutuhkan layanan transaksi mutakhir, sepertidigital banking dan sistem pembayaran untuk berbagai jasa, seperti listrik.

Ketiga, kemudahan akses layanan perbankan. Kebutuhan pengelolaan keuangan, baik untuk rumah tangga maupun untuk usaha, terkadang tidak mengenal batasan wilayah. Sejumlah wilayah di Indonesia pun terkadang masih sulit dijangkau, dengan demikian bank harus memiliki kemampuan keuangan yang kuat agar dapat terus memperluas jaringannya. Selain itu, kebutuhan bertransaksi dengan pihak di luar negeri, seperti anak yang bersekolah di luar negeri, pekerja Indonesia yang menjadi tenaga kerja di luar negeri, ataupun transaksi dalam rangka bisnis, tentunya perlu dipenuhi dengan kemudahan layanan perbankan.

Dengan permodalan yang lebih kuat, bank BUKU-4 dinilai lebih sehat dan memiliki risiko bisnis yang lebih rendah. Dengan bertambahnya modal inti, bank BUKU-4 juga dipandang kuat untuk melakukan aktivitas bank umum dengan lebih lengkap. Pilihan layanan beragam dari BUKU-4, seperti produk berbasis digital serta kerja sama dengan pihak lain (korporasi dan perorangan), akan membuat kegiatan perencanaan keuangan dapat terlaksana dengan lebih baik.

Setiap individu ataupun usaha sebaiknya melakukan seleksi dalam memutuskan produk dan jasa layanan keuangan yang akan diambil. Penerapan teknik diversifikasi aset, yaitu tidak menempatkan semua aset hanya dalam satu layanan, tentu sebaiknya tetap dilakukan. Namun, apa pun tujuan keuangannya, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa faktor tersebut dan memilih layanan perbankan yang terbaik, kuat, aman, dan tepercaya.Live a beautiful life!

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 22 April 2017, di halaman 25 dengan judul "Mengenal BUKU-4".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!
Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Skincare: The Revolution in Anti-Aging

Skincare: The Revolution in Anti-Aging
Dokumen Sehat Sinergis

Pilihan Investasi

Pilihan Investasi
Ada dua pilihan: jika Ikut Menjadi Member Bisnis Synergy

Hubungi, kami siap melayani anda:

Untuk info lanjut
hubungi:

Ibu Liong (021-33431704)


Sertifikasi Produk Synergy WorldWide

Produk -produk Synergy / NSP di Indonesia telah terdaftar pada Departemen Kesehatan RI dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), serta memperoleh sertifikat Halal dari IFANCA (The Islamic Food and Nutrition Council of America) yang disahkan oleh LP POM MUI.