HUBUNGI, KAMI SIAP ANTAR!

Sehat-Sinergis secara herbal, membangun kesehatan dan kesejahteraan bersama secara sehat sinergis. Bekerjasama dengan Synergy WordWide (Independent Distributor from United State of America) untuk selengkapnya untuk pembelian atau pemesanan dengan perjanjian hubungi Ibu Liong di nomor: 021-33431704 Hubungi kami di email: sehat.sinergis@gmail.com. Ada uang baru barang diantar. Carilah lebih dulu kesehatan, baru yang lainnya.

Minggu, 09 April 2017

KESEHATAN: Ingin Tetap Sehat (DR SAMSURIDJAL DJAUZI)

Minggu lalu saya merayakan ulang tahun yang keempat puluh. Keluarga dan teman-teman membuat acara sederhana, tetapi mengesankan bagi saya. Semuanya mendoakan agar saya selalu sehat dan berhasil dalam hidup ini.

Saya bersyukur dalam umur saya sekarang saya sudah memiliki rumah, meski sederhana, dan kendaraan. Pendapatan saya sebagai pegawai swasta di sebuah perusahaan mencukupi dan saya juga mendapat bonus jika saya berhasil mencapai penjualan yang ditetapkan. Saya memiliki seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki, keduanya sekarang di sekolah menengah pertama. Istri saya bekerja meski hanya menjadi pekerja paruh waktu. Dia sebenarnya bekerja untuk menyalurkan hobinya, dan lebih mengutamakan mendidik anak di rumah.

Sekarang saya mulai memikirkan kesehatan saya. Saya pekerja keras. Saya juga sering bekerja sampai malam. Pada hari Sabtu atau Minggu, saya tak sepenuhnya bisa beristirahat karena sering ke luar kota. Badan saya gemuk, tetapi saya berusaha untuk berenang secara teratur. Saya juga mencoba menjaga makanan, tetapi amat sulit karena harus sering makan siang atau malam dengan pelanggan. Di kantor, saya mendapat fasilitas pemeriksaan kesehatan secara teratur. Saya boleh menjalani pemeriksaan dokter atau pemeriksaan laboratorium atas biaya perusahaan.

Saya ingin menjaga kesehatan saya dan melakukan deteksi dini berbagai penyakit yang mungkin timbul pada saya yang berumur 40 tahun. Apakah saya harus memeriksakan kolesterol setiap tahun seperti yang dilakukan oleh teman-teman saya? Apakah sudah waktunya saya periksa mata, karena teman-teman saya sudah ada yang memerlukan kacamata baca? Apakah saya juga harus waspada pada penyakit kanker? Bagaimana cara mencegah penyakit kanker yang mengerikan itu?

Terima kasih atas penjelasan dokter.

G di J

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat atas ulang tahun Anda. Saya juga mendoakan agar Anda sekeluarga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Saya dapat membayangkan kehidupan Anda dengan dua anak yang masih duduk di sekolah menengah. Anda sekeluarga mempunyai kesempatan untuk hidup sehat, baik karena penghasilan Anda maupun karena dukungan kantor Anda. Amat bijak jika Anda mulai memikirkan untuk menjaga kesehatan Anda dan juga keluarga Anda.

Baik, kita mulai dulu dengan diri Anda. Anda sekarang berumur 40 tahun, secara statistik Anda biasanya masih sehat, tetapi Anda harus tetap menjaga agar berbagai risiko kesehatan dapat dikurangi. Berat badan Anda harus diturunkan sehingga menjadi berat badan yang normal. Anda dapat meminta konsultasi ke pakar gizi bagaimana mengatur makanan dalam kegiatan bisnis Anda. Anda tak dapat menghindari makan di restoran untuk menjamu pelanggan Anda, tetapi Anda dapat memilih makanan serta mengatur jumlah makanan yang akan Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Anda juga perlu berolahraga. Meski sering bepergian, Anda dapat menjalankan olahraga renang Anda, dan jangan lupa jika menginap di hotel untuk meminta timbangan badan sehingga Anda dapat memantau berat badan Anda secara teratur. Anda tentu sudah memahami bahwa Anda harus menghindari rokok dan alkohol karena keduanya tidak baik bagi kesehatan Anda.

Adapun untuk mencegah kanker, yang dapat Anda lakukan adalah selain menghindari rokok dan alkohol, juga mengurangi konsumsi garam, lemak, serta makanan yang diawetkan. Jangan terlalu banyak terpapar sinar matahari karena berisiko untuk kanker kulit. Anda juga harus memahami kesehatan reproduksi, termasuk penyakit menular seksual, karena beberapa kanker dapat timbul akibat penularan penyakit menular seksual, seperti human papillomavirus (HPV) dan hepatitis B.

Berikut ini beberapa pemeriksaan yang dianjurkan untuk orang yang berumur 30 tahun sampai 50 tahun (jadi termasuk usia 40 tahun), yaitu: (1) pemeriksaan mata, jika hasilnya baik, periksa ulang tiap dua tahun, (2) pemeriksaan gigi setahun sekali, (3) pemeriksaan PAPsmear untuk perempuan tiap 1 sampai 3 tahun, (4) pemeriksaan tekanan darah, jika normal, dapat tiap 3 tahun, (5) pemeriksaan kolesterol, jika normal, ulang 5 tahun lagi, jika abnormal, sesuai dengan nasihat dokter, (6) pemeriksaan payudara untuk perempuan diulang tiap 1 sampai 2 tahun, (7) pemeriksaan colok dubur untuk kanker kolon tiap tahun, sedangkan (8) pemeriksaan fisik dapat Anda lakukan setiap tahun.

Jadi, sebenarnya pemeriksaan yang perlu dilakukan tidaklah terlalu sering jika Anda dalam keadaan normal. Banyak orang yang kurang memperhatikan pemeriksaan yang sederhana, seperti tekanan darah, berat badan, gigi dan mulut, serta pemeriksaan colok dubur. Padahal, pemeriksaan tersebut penting dan jika ditemukan kelainan dini akan cepat dapat diatasi. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada perempuan biasanya dilatihkan oleh tenaga kesehatan dan juga dapat dilihat pada berbagai media sosial, seperti Google atau Youtube.

Mengenai istri Anda tentulah perlu perhatian terhadap pemeriksaan PAPsmear serta payudara. Jangan lupa, sekarang tersedia vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks yang merupakan salah satu kanker yang sering terjadi pada perempuan. Kanker payudara belum ada imunisasinya. Karena itu, untuk mencegahnya perlu melaksanakan hidup sehat dan kurangi konsumsi lemak. Pemeriksaan SADARI dan pemeriksaan USG atau mammografi dapat digunakan untuk deteksi dini. Deteksi dini amat penting pada kanker karena kanker yang ditemukan pada stadium dini lebih mudah diobati serta hasil terapi juga jauh lebih baik. Hanya disayangkan, di negeri kita sekitar 70 persen kanker ditemukan pada stadium lanjut.

Bagaimana dengan anak-anak Anda yang sedang tumbuh menjadi remaja? Mereka juga perlu melaksanakan hidup sehat. Cobalah konsultasikan dengan dokter anak Anda apakah imunisasinya sudah lengkap. Imunisasi amat penting dalam mencegah penyakit menular.

Kebiasaan makan yang sehat harus sudah dimulai sejak usia dini. Sekarang banyak tersedia makanan yang digemari remaja, tetapi makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi terus-menerus. Anak juga sudah perlu memahami kesehatan reproduksi karena mereka akan tumbuh menjadi remaja. Orangtua atau sekolah hendaknya menyiapkan agar anak memahami kesehatan reproduksi sehingga kesehatan mereka tidak terganggu karena ketidaktahuan mereka.

Pada umumnya menjalankan kebiasaan hidup sehat itu tidaklah sulit. Orangtua kita pada umumnya telah menjalankan dengan baik karena makanan mereka rendah lemak, mereka tak banyak mengonsumsi garam dan makanan yang diawetkan. Sebaliknya, mereka rajin mengonsumsi sayur dan buah. Mereka juga banyak berjalan kaki. Tubuh mereka umumnya tak gemuk karena rajin menggerakkan badan. Pada era banyak kemudahan seperti sekarang, transportasi yang tersedia banyak, serta makanan enak yang juga banyak. Kita perlu menyadari bahwa kita jangan menikmati makan enak serta malas beraktivitas karena akibatnya kita akan semakin gemuk serta kadar lemak di badan kita tinggi. Akibatnya kita berisiko terkena berbagai penyakit.

Saya gembira, dalam kebahagiaan merayakan ulang tahun, Anda punya kepedulian pada anugerah Allah yang amat berharga, yaitu kesehatan. Peliharalah terus kesehatan tersebut.

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 8 April 2017, di halaman 25 dengan judul "Ingin Tetap Sehat".

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!
Synergy Worldwide, Andalkan Vital 3!

Skincare: The Revolution in Anti-Aging

Skincare: The Revolution in Anti-Aging
Dokumen Sehat Sinergis

Pilihan Investasi

Pilihan Investasi
Ada dua pilihan: jika Ikut Menjadi Member Bisnis Synergy

Hubungi, kami siap melayani anda:

Untuk info lanjut
hubungi:

Ibu Liong (021-33431704)


Sertifikasi Produk Synergy WorldWide

Produk -produk Synergy / NSP di Indonesia telah terdaftar pada Departemen Kesehatan RI dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), serta memperoleh sertifikat Halal dari IFANCA (The Islamic Food and Nutrition Council of America) yang disahkan oleh LP POM MUI.